Sejarah UPP

Rektor Universitas Sumatera Utara, Dr. A.P Parlindungan, SH., dengan Surat Keputusan No. 124 / PT05/SK/C/78 tertanggal 28 Agustus 1978 telah mengangkat asisten-asisten untuk diperbantukan kepada Pembantu Rektor I. Adapun asisten-asisten yang ditugaskan terhitung 01 September 1978 tersebut adalah dr. Bachtiar Fanani Lubis, dr. Sugito Husodowijoyo, dr. Mulkan Yahya Lubis masing-masing menjadi asisten Pembantu Rektor I Bidang Administrasi Akademis, Bidang Pendidikan dan Bidang Pembinaan Tenaga Akademis. Pengangkatan para asisten tersebut merupakan pencerminan akan kebutuhan pengembangan pendidikan yang sudah terasa benar pada waktu itu. Pengembangan Pendidikan di Universitas Sumatera Utara dapat dibagi atas 2 periode yaitu periode 1978-1984 dan periode 1984-1987.

Periode 1978-1984

Dengan keluarnya SK Rektor No. 124/PT05/SK/C/78 tertanggal 28 Agustus 1978, bidang Pendidikan mulai melaksanakan kegiatan-kegiatannya.

Pada tahun 1979 kegiatannya meliputi

  1. Penataran tentang Penyelenggaraan Lokakarya pada 11-13 Desember 1979.
  2. Lokakarya Penatalaksanaan sistem Kredit pada tanggal 18-19 April 1979.
  3. Penataran/Lokakarya Pengembangan Pendidikan pada tanggal 12-15 November 1979.
  4. Penataran/Lokakarya Pengukuran Pendidikan pada tanggal 05 November 1979.
  5. Penataran/Lokakarya Sistem Kredit MKDU pada tanggal 11-14 Desember 1979.

Pada tahun 1980 dibentuk Tim Pengelola Sistem Kredit (TPSK) antara lain terdiri atas dr. Sugito Husodowijoyo, Purwanto, SH (Alm), Nurjulisman, Drs. Yusran dan Ir. Fachrijas.  Untuk mengembangkan Sistem Kredit  ini, dr. Sugito Husodowijoyo dikirim ke Institut Pertanian Bogor ( 28-29 April 1981 )  dan   ke Universitas Gajah Mada ( 30 April – 1 Mei 1980 ) untuk melakukan studi perbandingan.    Dalam bulan  Juli 1980 dr. H. Mulkan Yahya dan dr. Sugito Husodowijoyo diutus ke University of Sains Malaysia di Pulau Penang ( Malaysia ).

Pada tahun 1981 Ketua TPSK mengundang Prof. Hashim dan Noelogle dari University of Sains Malaysia ke Universitas Sumatera Utara untuk memberikan informasi tentang Sistem Kredit.  Kemudia TPSK mengembangkan Penataran Sistem Kredit dalam bidang Perwalian/Administrasi Pendaftaran/Evaluasi pada tanggal 31 Maret 1980. Dalam tahun 1981 TPSK giat melakukan Penataran/Lokakarya Objektif Pendidikan, dan Penataran/Lokakarya Pengukuran Pendidikan, masing-masing sebanyak 2 angkatan.

Dalam tahun 1981 itu juga Prof. T.Amin Ridwan dan Abduh,SH ditugaskan ke Jakarta untuk persiapan penyelenggaraan Akta Mengajar V yang dikoordinasikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Pada tanggal 10 – 13 Februari 1982, dr. Sugito Husodowijoyo mengikuti  Penataran Tutor Program Akta Mengajar V di Jakarta. Kegiatan-kegiatan penataran Akta V untuk staf pengajar USU diselenggarakan dari tahun 1982 s/d 1986 dibawah koordinasi TPSK dibantu tenaga administrasi, Sumarmi,SH dan Rohani Sembiring,SH.

Periode 1984 – 1987.

Rektor Universitas Sumatera Utara mempertimbangkan bahwa Program Pendidikan di USU hendaknya dapat menyajikan program pendidikan yang beragam dan luwes, sehingga pada suatu saat dimungkinkan pelaksanaan Sistem Kredit Semester.  Sementara itu Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi telah menetapkan Kurikulum Inti untuk setiap fakultas di lingkungan Universitas, Institut Negeri di Indonesia. Atas kedua pertimbangan tersebut Rektor Universitas Sumatera Utara memandang perlu untuk  mengangkat  Tim  Pengembangan  Kurikulum   Universitas   Sumatera  Utara dengan SK Rektor No. 052/PTO5/SK/Q.86 tertanggal 17 Februari 1986 (Lampiran 1). 

Tanggal 17 Februari  1986

Ketua                    : Prof. Dr. Mariam Darus Badrulzaman, SH

Wakil Ketua          : Prof. Helena Siregar

Sekretaris             : dr. Sugito Husodowijoyo

Anggota                :

  1. Drs. R.A. Soekemi
  2. Dra. Hayati Chalil
  3. dr. Herwinta F. Eyanoer
  4. dr. Pangaribuan Siregar
  5. Drg. Lina Shenides
  6. dr. Waldemar Tambunan (Pudek 1 FK)
  7. M. Daud. SH (Pudek 1 FH)
  8. Ir. Guslim, MS ( Pudek 1 FP)
  9. Ir. Motor Sembiring (Pudek 1 FT)
  10. Drs. Sudardjad Sukadam, MBA ( Pudek 1 FE)
  11. Drg. Asfan Bahri (Pudek 1 FKG)
  12. Drs. Syahri Saja, MA (Pudek 1 FS)
  13. Drs. M. Syukur, MS (Pudek 1 FMIPA)
  14. Dra. Arnita Zainuddin (Pudek 1 Fisipol)

Sekretariat :

  1. Siti Sunarmi, SH
  2. Drs. Hariadi Susilo
  3. Rohani Sembiring

Disamping itu juga  dibentuk Tim Satgas Pengembangan Kurikulum USU dengan SK Rektor No. 054/PTO5/SK/Q.86 tertanggal 17 Februari 1986, (Lampiran 2) yang tugasnya adalah :

  1. Mengkaji Kurikulum fakultas-fakultas di lingkungan USU.
  2. Memberikan saran dan petunjuk pengembangan Kurikulum kepada Tim Pengembangan Kurikulum
    USU.
  3. Menyusun antara atau prosedur perubahan kurikulum.
  4. Memonitor perkembangan kurikulum fakultas – fakultas di lingkungan USU.
  5. Membantu fakultas-fakultas di lingkungan USU dalam pelaksanaan seminar, penataran, penyuluhan
    yang berkaitan dengan kurikulum, sesuai dengan kebutuhan masing-masing fakultas.

                Dalam periode ini Universitas Sumatera  Utara juga merealisasikan kerjasama dengan MUCIA-USA dengan dana Asian Development Bank Loan (ADB). Pada awal tahun 1984 USU mempersiapkan penerimaan konsultan MUCIA yang akan dibantu oleh “Counterpart” dari USU. Untuk bidang kurikulum dengan SK Rektor USU No. 8293/PTO5/SK/C.84 tanggal 11 Juni 1984 telah ditunjuk Dra. Hayati Chalil dari Fakultas Sastra dan prof.Helena Siregar dari Fakultas kedokteran sebagai “Counterpart” konsultan MUCIA.

Kegiatan Tim Satgas Pengembangan Kurikulum terdiri atas tiga tahap, yaitu :

  1. Tahap I :   Kunjungan Tim MUCIA-USA pada tanggal 12 – 22 Septembeer 1984 ; kunjungan kedua disusul pada bulan Desember 1984.
  2. Tahap II :   Kedatangan para konsultan dan dimulainya kegiatan-kegiatan. Dalam kegiatan ini Tim Satgas Kurikulum mengunjungi setiap fakultas untuk memperoleh masukan dan mengetahui hambatan apa saja yang dijumpai dalam pelaksanaan kurikulum. Sejak itu pula Tim Satgas Pengembangan Kurikulum mengadakan pertemuan rutin sekali seminggu bertempat di kantor  MUCIA-USU di Jalan Monginsidi 17 Medan.
  3. Tahap III :   Dimulai dengan pelaksanaan workshop di Fakultas. Pelaksanaan workshop di Fakultas.

Pada pertengahan tahun 1985 Dra. Hayati Chalil yang studi ke LC,Singapore, digantikan oleh dr. Sugito Husodowijoyo. Sejak itu pertemuan mingguan berpindah dari Jalan Monginsidi ke kantor PIU-ADB di Jalan Universitas no. 46. Pelaksanaan worshop pertama dilaksanakan di Fakultas Kedokteran, dibantu oleh dr. Pangaribuan Siregar dan dr. Herwinta F. Eyanoer. Setelah Fakultas Kedokteran  melaksanakan Lokakarya tersebut menyusullah fakultas-fakultas lain menyelenggarakan lokakarya  dengan tujuan membenahi kurikulum masing-masing. Pada tanggal 28 – 31 Mei 1986 diadakan Lokakarya Penulisan SAP diberbagai fakultas. Salah satu tujuannya ialah supaya para peserta ini nantinya akan menjadi inti di fakultasnya masing-masing. Sebagai tindak lanjut kegiatan Tim Satgas Kurikulum, 180 staf pengajar USU mengikuti penataran tentang SKS.

Sementara itu personalia Tim Satgas Pengembangan Kurikulum mengalami pergantian. Prof. Helena Siregar digantikan oleh dr. Pangaribuan Siregar selaku Counterpart MUCIA mendampingi Curriculum Spesialist Dr. Thomas V. Telder. Untuk melakukan studi perbandingan keduanya telah melakukan kunjungan ke Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada dan Universitas Airlangga.  Dr. Telder memperoleh kesan, bahwa ke empat universitas tersebut telah terorganisir dengan baik, meskipun ada beberapa perbedaan dalam cara kerjanya.

                Pada tanggal 18 April 1986 dr. Sugito Husodowijoyo melaporkan kegiatan Tim Satgas Pengembangan Kurikulum kepada Management Academic Planning. Dilaporkan juga bahwa dari pertemuan Tim Satgas Pengembangan Kurikulum dengan para PD-I  fakultas-fakultas dirasa perlu membentuk Tim Kurikulum di tingkat USU. Curriculum Specialaiast Dr. Telder mengajukan Term of Reference Proposal Tim Kurikulum tersebut. Suatu Diskusi yang panjang lebar dan mendalam berakhir dengan persetujuan untuk mendirikan suatu unit yang permanen demi pengembangan pendidikan di USU.

                Kegiatan Tim Satgas Pengembangan Kurikulum dapat dilanjutkan, meskipun ADB Project telah berakhir. Selain itu Tim satgas juga harus menyiapkan langkah untuk mengaktifkan Unit pengembangan Pendidikan di tiap-tiap fakultas. Pada tanggal 31 Mei 1986 Pembantu Rektor I, Prof.Dr.Mariam darus Badrulzaman,SH, mengundang Curriculum Specialist Dr. Thomas V. Telder untuk memberitahukan bahwa rencana pembentukan Unit Pengembangan Pendidikan ( Educational Development Unit ) di tingkat USU telah disetujui. Juga disampaikan, bahwa tujuan pembentukan  unit permanen itu adalah untuk pengembangan kurikulum, penerapan instruksional pendidikan, peningkatan dan pengembangan staf pengajar, evaluasi mahasiswa, peningkatan/pengembangan material pendidikan, pelayanan audio visual dan pengadaan material, rujukan, serta pelaksanaan penataran/seminar untuk staf pengajar.

                Tim Satgas yang ada selama ini akan menjadi anggota tetap unit dimaksud dan seorang diantaranya ditunjuk menjadi direktur/kepala. Pemikiran ini dimaksudkan agar kegiatan Tim Satgas Pengembangan Kurikulum tidak terhenti walaupun ADB Project telah berakhir.  Dengan keluarnya Surat Keputusan Rektor  Universitas Sumatera Utara No. 116/PTO5.H/SK/I/87 tertanggal 20 Februari 1987 semua Satgas di lingkungan Universitas Sumatera Utara dinyatakan dibubarkan. Dalam SK Rektor tersebut secara implisit dicantumkan juga pencabutan SK No. 054/PTO54/PTO5/SK/Q.86 tertanggal 17 17 Februari 1986 tentang SATGAS Pengembangan Kurikulum. Dan lahirlah Unit Pengembangan Pendidikan Universitas Sumatera Utara  (UPP-USU) pada tanggal 1 April 1987 dengan Surat Keputusan Rektor No. 2236/PTO5.H/SK/I.87 oleh Rektor Universitas Sumatera Utara Orof.M. Jusuf Hanafiah  (lampiran 3 ).

Penanggung Jawab : DR. Bachtiar Agus Salim, SH (Purek-I)

Ketua                   : dr. Sugito Husodowijoyo

Sekretaris             : dr. Pangaribuan Siregar

Anggota                :

  1. dr. Herwinta F. Eyanoer
  2. Drg. Lina Natamiharja,SKM
  3. Drg. Hartono Tandikin
  4. dr. Raharjo Suparto
  5. Dra. Suarni Bakar, Apt.
  6. Drs. R.A. Soekemi, Apt
  7. Dra. Hayati Chalil
  8. Drs. Amru Nasution

                Karena UPP belum memiliki kantor sendiri, pertemuan dan rapat diadakan di badan pengembangan Pendidikan (BPP) Fakultas Kedokteran USU. Kemudian pindah ke kantor PELITA-USU. Pada tahun 1989 gedung yang dahulu dipakai oleh Senat USU di jalan Alumni 1 diserahkan kepada UPP. Sampai saat ini gedung ini resmi menjadi Kantor UPP-USU. Setelah SK 236/PTO5.H/SK/I/87, telah terjadi perubahan staf/pengelola UPP sebanyak 3 kali, seperti tercantum pada surat Keputusan berikut ini :

Penanggung Jawab : Prof. Dr. Bachtiar Agus Salim, SH (Purek-1)

Ketua                    : dr. Sugito Husodowijoyo

Sekretaris              : Lina Natamiharja, SKM.

Anggota                 :

  1. dr. Pangaribuan Siregar
  2. Drg. Hartono Suparto
  3. dr. Raharjo Suparto
  4. Dra. Suarni Bakar, Apt.
  5. Drs. R.A. Soekemi, Apt.
  6. Dra.Hayati Chalil
  7. Drs. Amru Nasution
  8. Ir. Muhar Husin
  9. Drg. Nurmala Situmorang
  10. Drs. Syahrial ISA
  11. dr.Yah Wardiah Siregar
  12. Drg. Filia Dana
  13. Ir. Nazaruddin

Sekretariat:

      1. Muliono, Kh.M

      2. A.Hariadi

      3. Suriadi

Penanggung Jawab : Prof. DR. Bachtiar Agus Salim, SH (Purek-1)

Ketua                    : dr. Sugito Husodowijoyo

Sekretaris             : Lina Natamiharja, SKM

Anggota               :

  1. Drs. R.A. Soekemi, Apt.
  2. dr. Pangaribuan Siregar
  3. Drg. Hantono Tandikin
  4. dr. Raharjo Suparto
  5. Dra. Hayati Chalil
  6. Dra. Suarni Bakar, Apt.
  7. dr. Alfred C. Satyo, MPHE.
  8. Drg. Nurmala Situmorang
  9. Drs. Syahrial ISA
  10. Abdul Muis, SH. MS.
  11. Drg. Filia Dana Tyaningsih

Sekretariat :

     1. Muliono, Kh.M

     2. Ahmad Hariadi

     3. Suriadi

Penanggung Jawab : Prof. Dr. Bachtiar Agus Salim, SH

Ketua                  : dr. Sugito Husodowijoyo.

Wakil Ketua         : Prof. R.A. Soekemi, Apt.

Sekretaris            : Drg. Lina Natamiharja, SKM.

Anggota               :

  1. dr. Pangaribuan Siregar
  2. Drg. Hantono Tandikin
  3. Dra. Suarni Bakar, Apt.
  4. dr. Raharjo Suparto
  5. Dra. Hayati Chalil
  6. Drs. D. Syahrial Isa. SU
  7. dr. Alfred C. Satyo, MHPE

Sekretariat :

  1. Dra. Sri Pratiwi
  2. Suriadi
© 2020 Unit Unit Pelayanan dan Pengembangan Pendidikan. USU