Informasi Pelatihan Bahan Ajar dan Penuntun Praktikum

Tujuan

Pelatihan Penulisan Bahan Ajar dan Panduan Pratikum ini bertujuan:

  1. Memberikan wawasan dan keterampilan kepada dosen tentang cara pembuatan bahan ajar baik berupa teks, audio, maupun audiovisual atau berupa multimedia, yang digunakan selama proses pembelajaran.
  2. Mengorganisasikan bahan ajar dengan baik.

Sasaran

Dosen-dosen Program Studi Universitas Sumatera Utara dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Keperawatan, Fakultas Psikologi, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Teknik, Fakultas MIPA, Fakultas Farmasi, Fakultas Pertanian, Fakultas Ilkom-TI, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Budaya, Fakultas ISIP, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Kehutanan.

Metode dan Materi

            Metode pelatihan ini dilaksanakan dengan metode ceramah, simulasi dan diskusi. Materi pelatihan ini terdiri atas:

  1. Telaah kurikulum
  2. Pengenalan bentuk bahan ajar
  3. Alur analisis penyusunan bahan ajar
  4. Pembuatan bahan ajar buku teks
  5. Pengenalan dan prosedur penyusunan bahan ajar modul
  6. Pengenalan dan prosedur penyusunan bahan ajar media
  7. Sosialisasi insentif penulisan buku ajar dan jurnal ilmiah

Strategi Pelatihan akan dilaksanakan selama 2 hari. Adapun strategi yang digunakan adalah:

  1. Tahap Pendahuluan

           Di awal kegiatan dilakukan penjelasan singkat mengenai materi apa yang akan disampaikan kepada peserta. Dengan memberikan pendahuluan, para peserta memperoleh gambaran mengenai hal apa yang akan mereka peroleh dalam pelatihan tersebut.

  1. Tahap Penyajian

           Dalam tahap penyajian barulah dimulai dengan penjelasan tentang isi materi pelatihan yang diberikan. Pada tahap ini instruktur menjelaskan secara rinci mengenai materi yang diberikan kepada peserta pelatihan. Materi disampaikan secara berkelanjutan atau sistematis. Dengan menggunakan metode ceramah dan tanyajawab ditambah dengan penggunaan demonstrasi oleh para peserta secara langsung agar materi yang diberikan dapat langsung dipahami oleh peserta. Untuk menambah pemahaman peserta tentang materi yang diberikan penyajian juga didukung dengan peragaan gambar dan secara langsung dilakukan oleh instruktur.

  1. Tahap Penutup.

           Dimana pada tahap ini dilakukan penilaian terhadap masing- masing peserta mengenai Pelatihan Penulisan Bahan Ajar dan Panduan Pratikum yang dihasilkan oleh peserta pelatihan.

Bahan yang diperlukan

  1. Materi bagi peserta
  2. Bahan latihan
  3. Sertifikat
  4. Konsumsi : snack
  5. ATK
  6. Jadwal pelatihan
© 2020 Unit Unit Pelayanan dan Pengembangan Pendidikan. USU